RESENSI BUKU PENGANTAR STATISTIKA EDISI KE-3

    


A.    Identitas Buku
Judul buku                  : Pengantar Statistika Edisi ke-3
Pengarang buku          : Ronald E. Walpole
Alih bahasa                 : Ir. Bambang Sumantri
Penerbit buku              : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit                 : 1992
Jumlah halaman           : 513 halaman
Ukuran buku               : 16 x 23,6 cm

B.     Gambaran Isi Umum Buku
Buku yang membahas mengenai dasar dari materi statistika ini ditulis oleh Ronald E. Walpole ini dimaksudkan untuk dijadikan buku pegangan awal oleh mahasiswa, baik mahasiswa jurusan statistika, ekonomi, matematika, sosiologi, bisnis, akuntansi, bahkan ilmu pengetahuan alam. Materi materi yang disajikan di buku ini antara lain :
·      Bab 1          : Pendahuluan
·      Bab 2          : Ukuran Statistik Bagi Data
·      Bab 3          : Pendeskripsian Data
·      Bab 4          : Peluang
·      Bab 5          : Sebaran Peubah Acak
·      Bab 6          : Beberapa Sebaran Peluang Deskret
·      Bab 7          : Sebaran Normal
·      Bab 8          : Teori Penarikan Contoh
·      Bab 9          : Pendugaan Parameter
·      Bab 10        : Pengujian Hipotesis
·      Bab 11        : Regresi dan Korelasi
·      Bab 12        : Analisis Ragam
·      Bab 13        : Statistika Nonparametrik
Materi materi tersebut diurutkan menurut tingkat kerumitannya. Maksudnya, materi materi tersebut disusun dengan urutan, sehingga pemahaman pembaca akan berkembang seiring dengan bab bab yang ia baca.
Selain itu, terdapat tambahan pada bagian akhir buku, seperti daftar acuan, daftar tabel statistika, jawaban latihan terpilih, daftar istilah statistika dalam dua bahasa, dan indeks. Pada bagian belakang sampul depan dan pada bagian depan sampul belakang juga terdapat kumpulan rumus yang sering digunakan dalam memecahkan masalah masalah yang berkaitan dengan materi statistika.

C.    Kepengarangan
Ronald E. Walpole adalah seorang penulis buku mengenai ilmu statistika yang telah melahirkan banyak buku seperti :
·         Probability and Statistics for Engineers and Scientist
·         Essentials of Probability and Statistics for Engineers and Scientist, dan masih banyak lagi
Dirinya berperan besar dalam perkembangan dunia statistika, terbukti dari banyaknya buku yang ia tulis mengenai statistika dan probabilitas, baik murni maupun terapan.
D.    Kelebihan Dan Kekurangan Buku
1.      Kelebihan Buku
Penulisan urutan materi yang runtut merupakan salah satu keunggulan dari buku ini, sehingga orang awam pun apabila membaca buku ini secara runtut dari bab satu hingga bab tiga belas dapat memahami tiap babnya dengan mudah. Selain itu, kumpulan rumus statistika yang terdapat pada halaman pertama dan terakhir dapat membantu mahasiswa maupun pembaca dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi statistika. Di dalam buku ini, juga terdapat banyak contoh soal berikut penjelasannya sehingga mahasiswa dapat paham dan mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan statistika. Diikuti dengan soal soal latihan mulai dari tingkat kesuliatan sedang hingga sulit. Peletakan jawaban soal latihan terpilih di bagian akhir buku juga sangatlah tepat, agar mahasiswa dapat terpacu terlebih dulu untuk mengerjakan soal latihan. Adanya garis vertical di sisi kiri halaman juga sangat membantu mahasiswa dalam membaca tiap tiap subbab. Di bagian belakang buku ini, penulis juga menyertakan sumber dengan sangat jelas dan rapi sehingga tingkat kebenaran buku ini tidak diragukan lagi.
2.      Kekurangan Buku
Terlepas dari semua kelebihan yang terdapat dalam buku ini, tentu saja buku ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti adanya peletakan table data yang kurang rapi dan jarak antar paragraf yang terlalu dekat sehingga membuat mata cepat lelah.

E.     Kesimpulan
Buku ini ditulis dengan tujuan agar bisa dijadikan salah satu pedoman mahasiswa pada semua bidang studi yang berkaitan dengan ilmu statistika agar mahasiswa dapat membuat data statistic yang akurat. Mulai dari mengumpulkan data, mengelompokkan data, menganalisis data, menentukan peluang, teori penarikan, dan penyajian data sehingga kedepannya mereka dapat mengimplementasikan ilmu statistika dalam kehidupan bermasyarakat. Buku ini juga tersusun dengan cukup baik sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu pedoman untuk mahasiswa yang mempelajari bidang statistika.

LIBRARY UNY

LINK BUKU PENGANTAR STATISTIKA DI LIBRARY UNY

LIBRARY JURDIKMAT UNY

Share 'RESENSI BUKU PENGANTAR STATISTIKA EDISI KE-3' On ...

Belum ada komentar untuk "RESENSI BUKU PENGANTAR STATISTIKA EDISI KE-3"

Posting Komentar